Rabu, 14 Desember 2011

Definisi Ad Network

Ad Network adalah sebuah teknologi baru dalam era periklanan digital. Ad Network sendiri adalah kepanjangan dari advertising network. Konsep dari ad network adalah dimana sebuah publisher (pemilik website) dan advertiser (pemilik iklan) dihubungkan dengan sebuah sistem yang dimiliki oleh agenci atau perusahaan tertentu dimana perusahaan tersebut yang mengumpulkan publisher dan advertiser. Fungsi utama dari ad network atau jaringan iklan adalah untuk memudahkan kedua belah pihak (yaitu pemilik website atau publisher dan pemilik iklan atau advertiser) dalam mencari iklan dan mendapatkan space iklan. Ad Network atau jaringan iklan sifatnya netral dalam arti dapat menjadi jaringan iklan (ad network) dalam iklan televisi, dalam iklan digital (online), dalam iklan cetak (baik berupa baliho, banner, dan lain-lain). Namun dewasa ini semakin bertumbuh dan berkembang perusahaan-perusahaan Ad Network (jaringan iklan) digital atau online, karena dengan digital atau online memungkinkan dibuat teknologi atau sistem yang bisa menyesuaikan penargetan iklan dengan target yang dituju.

Teknologi ini mulai berkembang di tahun 2007 ketika dunia internet semakin digunakan dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dimana pada saat itu perusahaan-perusahaan masih sangat sedikit kehadiran didunia maya (online presence) dan para pemilik website masih cukup kesulitan mencari perusahaan-perusahaan yang mau meletakkan iklan di websitenya. Oleh karena itu muncullah beberapa perusahaan teknologi yang mencoba mensolusikan hal-hal ini, dimana saat itu dunia internet semakin dipandang, dan perusahaan-perusahaan sedang berusaha untuk menghadapi kenyataan bahwa mereka mau tidak mau harus hadir didunia maya, baik sekedar company profile website ataupun sebuah promosi atau iklan didunia maya.

Di Indonesia perusahaan-perusahaan Ad Network juga mulai bermunculan. Perusahaan-perusahaan ini ada beberapa perusahaan yang asli dari Indonesia, ada juga perusahaan yang merupakan perusahaan berasal dari luar negeri membuka cabang ataupun bekerjasama dengan perusahaan lokal di Indonesia. Perusahaan-perusahaan semakin diuntungkan dengan adanya perusahaan ad network tersebut, karena dengan menggunakan ad network bisa semakin meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam advertising, sehingga iklan bisa mencapai target yang diinginkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar